Cara Mengatasi Android yang Bootloop : Stock Firmware

Cara Mengatasi Android yang Bootloop : Stock Firmware - Bootloop adalah hal yang wajar bagi orang yang suka utak-atik smartphone androidnya, gonta-ganti kernel, ROM, atau uji coba applikasi dan lain sebagainya. Bagi yang sudah berpengalaman di bidang itu, pastinya bootloop tidak akan begitu memusingkan, namun bagaimana bagi yang tidak tahu menahu mengenai hal diatas, smartphonenya benar-benar masih original, tidak pernah rooting atau memakai Custom Recovery dan Custom ROM, apakah smartphone seperti itu aman dari incaran bootloop? ternyata tidak, smartphone teman saya contohnya. Smartphone dengan merk samsung tipe GT-S7500 atau dikenal dengan Galaxy Ace Plus miliknya secara tiba-tiba mengalami bootloop, hal ini mungkin terjadi karena ada applikasi jahat yang dia download atau banyak kemungkinan lainnya ‘coz the reasons for getting a bootloop on your Android device might be anything, ini beberapa contoh sebabnya.

NB : sebab-sebab ini ada di smartphone yang masih memakai stock ROM atau ROM bawaan.

1. Tidak sengaja menjalankan aplikasi jahat

2. Menjalankan Aplikasi yang incompatible, kalau download dari Google Play biasanya ada peringatan, namun jika download apk-nya dari luar Google Play kita tidak pernah tahu kompabilitasnya,kan?

3. Wrong Permissions fix untuk aplikasi atau file didalam smartphone, mungkin ada aplikasi inti atau file bawaan yang tidak sengaja terhapus.

bootloop

Nah, sekarang cara mengatasi masalah tersebut cukup simpel, bisa dilakukan siapa saja. Berikut cara mengatasinya :

1. Lepas baterai dari smartphone anda, tunggulah sekitar 30 detik lalu pasang lagi baterai pada smartphone anda.

2. Nyalakan device anda ke ASR (Android System Recovery) mode. Caranya memakai hardware key yang ada di smartphone anda, setiap merk dan tipe biasanya berbeda cara. Untuk merk Samsung phones, contohnya, kombinasi hardware key-nya adalah tekan dan tahan Volume Up+ Home + Power keys. Untuk tablet yang biasanya tidak mempunyai  Home button, anda bisa masuk ke Recovery mode dengan tekan dan tahan Volume Up + Power keys secara bersamaan.

3. Setelah masuk System Recovery, arahkan pilihan ke Wipe Cache Partition dengan cara menekan tombol Volume Up atau Volume Down lalu pilih menggunakan tombol power.

system recovery

4.  Ketika anda sudah melakukan tahap Wipe Cache Partition, kembalilah ke main menu system recovery lalu restart smartphone anda menggunakan pilihan Reboot System Now.

5. Jika device anda masih macet di Bootanimation, lakukan lagi langkah diatas namun kali ini lakukan juga Wipe Data/Factory Reset lalu reboot device anda.

Seharusnya dengan begini Bootloop anda sudah teratasi.

Yak, itulah Cara Mengatasi Android yang Bootloop : Stock Firmware. Semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih


Share This Article


5 Responses to "Cara Mengatasi Android yang Bootloop : Stock Firmware"

  1. syukurlah..terimakasih sudah mampir..:)

    BalasHapus
  2. thanks bro, udah bisa melalui Wipe Data/Factory Reset, byk baca byk ilmu :)

    BalasHapus
  3. sama2..setuju! banyak baca banyak ilmu..:D

    BalasHapus